The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Kamis, 10 Mei 2012 17:08

Strategi Mengali Isu Komunitas

Pada 08/04/2012 di cafe Friend, JRKB++ dan Post Institute mengadakan diskusi radio bertajuk strategi mengali isu komunitas untuk produksi program radio. Hadir dalam diskusi tersebut diantaranya Rakom Bumi FM, Java FM, Nirwana FM, Jitu FM, Grast FM. Sedangkan untuk perwakilan dari radio komunitas Harmoni FM tidak dapat hadir, hal ini disebabkan jadual pertemuan yang berbenturan dengan kegiatan di yayasan Harmoni.

Poin yang muncul dari diskusi adalah latar belakang permasalahan dan isu komunitas yang nantinya layak untuk diangkat menjadi tema. Kecermatan dan kejelian dalam memetakan kebutuhan komunitas, merupakan salah satu strategi untuk mengangkat sebuah permasalahan menjadi tema. Pentingnya memilih sebuah tema, tentunya juga berdasar bagaimana sebuah permasalahan komunitas untuk digali dalam memenuhi kebutuhan komunitas. 

Jalannya Diskusi.

Pada sesi pertama untuk pertemuan ini, adalah penjelasan mengenai tema yang akan dituangkan dalam program, disampaikan oleh saudara Mawan Mahyuddin. Penyampaian pada dasarnya mengenai metode dalam memetakan permasalahan komunitas. Karena diharapkan penggiat radio benar-benar memahami apa yang terjadi di komunitas, dan melakukan pendekatan dalam memediasi kebutuhannya. Dengan hal tersebut diatas, bertujuan agar penggiat radio selalu menjalin komunikasi dengan komunitas. Munculnya komunikasi antara penggiat radio dan komunitas, tentunya akan membangun sebuah kesadaran dalam mengangkat kebutuhan bersama.

Dengan memahami fakta yang terjadi di komunitas tersebut, para penggiat radio tentunya akan semakin mudah menggali permasalahan dan menjadikan tema dalam sebuah program acara. Untuk selanjutnya, setiap penggiat radio komunitas mulai menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan apa-apa yang seharusnya dilakukan. Untuk radio komunitas Bumi FM dan Java FM, akan berusaha untuk membentuk sebuah kesadaran berkomunitas yang selama ini memang kurang terjadi. Pendekatan dan memamahi yang terjadi disekitar, merupakan kunci utama dalam membangun terjalinnya komunikasi yang selama ini belum diimplementasikan. Sedangkan Nirwana FM, Jitu FM dan Grast FM yang selama ini sudah mempunyai komunitas yang kuat, akan menggali lebih mendalam isu yang terjadi agar lebih mudah menentukan tema nantinya.
Selain hal tersebut diatas, para penggiat radio komunitas tentunya juga harus memanfaatkan segala bekal yang telah didapat selama berproses sampai saat ini. Untuk permasalahan lain berkaitan dengan kendala teknis seperti manajemen yang kurang tertata, diharapkan hal ini bukan menjadi alasan dalam terus menggali permasalahan yang terjadi di komunitas.

Di akhir diskusi, semua perwakilan radio komunitas bersepakat untuk secepatnya mendiskusikan dan menentukan permasalahan apa yang utama dan terlebih dahulu untuk diangkat menjadi sebuah tema komunitas. Mengenai kesulitan mencermati dan mengamati permasalahan yang terjadi di komunitas, merupakan sebuah tantangan serta proses belajar yang menjadi bekal pengalaman semua penggiat radio (Arief Aidit).