The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Rabu, 17 Oktober 2018
Jum'at, 22 April 2016 08:28

Warga Dukuh Prodo Desa Ngrejo Bersama-sama Menjaga Dan Melestarikan Kesenian Karawitan

Ngrejo. Rabu, 13 April 2016. Jari-jari mungil itu “menari” lincah di atas instrumen gamelan. Ada yang menabuh gendang dan saron, ada juga yang memukul bonang. Para lansia Dukuh Prodo Desa Ngrejo itu terlihat kompak memainkan alat-alat musik khas Jawa tersebut. Begitulah aktivitas latihan seni karawitan Mekar Budoyo, Rabu (13/4) malam itu. Setiap Rabu, mulai sekitar pukul delapan malam hingga tengah malam, komunitas ini rutin menggelar latihan di salah satu rumah anggota kesenian, yang berada di Dukuh Prodho Desa Ngrejo.

Seni karawitan merupakan kebudayaan asli khas Jawa. Dulunya kesenian ini sangat berkembang pesat dan digemari oleh hampir seluruh warga Indonesia. Banyak acara atau pertunjukan yang menggunakan karawitan sebagai pengiringnya, semisal pertunjukan wayang kulit, ketoprak, campursari, dan lain sebagainya.  Tidak   hanya didalam negeri saja, seni karawitan juga sudah merambah sampai ke mancanegara. Banyak warga asing yang tertarik belajar cara memainkan kesenian ini, dengan cara datang ke Indonesia kemudian mempelajari kesenian ini dan kembali lagi ke negara asalnya untuk mengajarkannya ke teman- temannya. Tapi sayangnya kesenian ini mulai luntur dengan datangnya budaya budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Malam itu, warga Dukuh Prodho berkumpul di kediaman Bapak Sukoyo selaku ketua kesenian Karawitan Mekar Budoyo. Warga menyambut kedatangan dari The Post Institute yang berencana pada hari itu memberikan sejumlah alat kesenian untuk kelompok kesenian Karawitan Mekar Budoyo . Tujuan dari pemberian alat ini yaitu untuk mendorong agar kelompok kesenian Jaranan Pangesthu Budoyo  tetap aktif dan terus menjaga keseniannya.

Setelah semua berkumpul acarapun dimulai. Dibuka oleh sambutan dari Sukoyo ketua kelompok kesenian. Beliau menyampaikan banyak terima kasih kepada The Post Institute dan Program Peduli yang telah memberikan dukungan alat kesenian kepada kelompok kesenian Karawitan Mekar Budoyo. Setelah sambutan dari Sukoyo, dilanjutkan sambutan dari The Post Institute. The Post Institute menyampaikan pesan pesan kepada kawan kawan kesenian Karawitan Mekar Budoyo agar untuk kedepannya kelompok kesenian ini akan terus aktif dan tetap berkarya. Lalu dilanjutkan dengan acara simbolis penyerahan, yaitu dari The Post Institute menyerahkan sejumlah alat kesenian kepada Sukoyo Ketua Kelompok Karawitan Mekar Budoyo. Setelah semua sesi acara selesai semua warga menikmati tabuhan sholawat dari kelompok kesenian Karawitan Mekar Budoyo.