The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Rabu, 17 Oktober 2018
Jum'at, 22 April 2016 06:39

Menghidupkan Kembali Aktivitas Organisasi Pemuda Dukuh Prodo Desa Ngrejo

Ngrejo. Rabu, 13 April 2016. Dahulu, organisasi karang taruna sangat berpengaruh dan terasa guyub dalam menghidupkan kegiatan dan aktivitas warga masyarakat. Namun, kegiatan-kegiatan karang taruna nampak berkurang. Sekarang inilah saatnya bagi para pemuda untuk kembali mengaktifkan kegiatan karang taruna.

Sementara itu Karang taruna, yang dahulu menjadi wadah berekspresi anak muda desa dalam mempercepat pembangunan di desa kini keberadaannya seolah seperti ada dan tiada. Aksi mereka hanya sering kita liat di momentum tertentu seperti 17 agustusan sebagai penyelenggara pesta kemerdekaan. Padahal karang taruna menjadi mesin terakhir yang menggerakkan semangat kepemudaan di desa, dan amat disayangkan jika keberadaannya hanya sebatas formalitas desa.

Malam itu Tim Post Institute mendatangi kediaman Paryoto selaku Ketua perkumpulan Pemuda Prodo Desa Ngrejo. Disana tim TPI ingin bersilaturahmi dengan pemuda Dukuh Prodo. Silaturahmi ini salah satu bentuk kegiatan yang akan mensinergiskan kegiatan Program Peduli dengan karang taruna yang bertujuan untuk membangun kapasitas karang taruna.

Paryoto yang mewakili pemuda prodho merespon dengan sangat positif kegiatan tersebut. Beliau mendukung kegiatan Program Peduli yang akan dilakukan di dukuh prodo ini. Beliau menyampaikan bahwa kurangnya kreatifitas pemuda salah satunya yang harus dikembangkan di daerah sini. Pengembangan SDM pemuda disini perlu menjadi perhatian khusus.

Program peduli ini mendorong untuk para pemuda berperan aktif dalam mendampingi pemerintahan desa. Untuk kedepannya dengan intensitas dan pelatihan yang akan dilaksanakan diharapkan para pemuda menjadi aktif mengawal pemerintahan desa.(aris)