The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Sabtu, 21 September 2019
Rabu, 23 Maret 2016 07:05

Upaya Meningkatkan Kapasitas Karang Taruna Desa Lorejo

Lorejo.Kamis, 17 Maret 2016. Siang itu Tim Post Institute mendatangi kediaman Tatang selaku koordinator  desa Lorejo. Disana tim TPI ingin bersilaturahmi dengan pemuda desa Lorejo yang tergabung dalam Komunitas Karang Taruna desa Lorejo. Tim  Post Institute yang hadir antara lain yaitu Direktur dan dua staff program sedang dari karang taruna dihadiri beberapa pemuda perwakilan karang taruna desa Lorejo. Silaturahmi ini salah satu bentuk kegiatan yang akan mensinergiskan kegiatan Program Peduli dengan karang taruna yang bertujuan untuk membangun kapasitas karang taruna. Hadir juga dalam acara tersebut yaitu mbah Solen sebagai orang tua yang berperan mendukung dan mendorong kegiatan para pemuda.

Tim Post institute yang  diwakili direktur menyampaikan terkait apa sih tujuan program peduli itu dan kegiatanya apa saja. Bahwa dalam program peduli juga ada kegiatan untuk membangun kapasitas karang taruna, dengan ini beliau menyampaikan harapannya kepada pemuda desa lorejo untuk selalu berkarya dan berkembang. Karena pemuda merupakan calon pewaris masa depan jadi pemuda harus mulai berkarya. Selain  itu beliau juga mengungkapkan bahwa karang taruna harus sering mengadakan perkumpulan perkumpulan, sehingga bisa membuat semangat kerukunan dan kegotong royongan antar pemuda desa ini terpupuk. Dan dengan sering adanya perkumpulan karang taruna akses informasi nantinya akan jadi semakin mudah didapatkan.

Mas dwi selaku Ketua karang taruna juga menyampaikan “ sebenarnya kami ini sudah memulai untuk sering mengadakan perkumpulan biar para pemuda lorejo kompak ”. Karang taruna merespone positif apa yang menjadi kegiatan post institute yang ingin membangun kapasitas dan kualitas karang taruna ke depannya. Mas dwi pun juga menyampaikan beberapa rancangan kegiatan yang sudah di agendakan kedepannya. Salah satu kegiatannya yaitu Jalan Sehat Inklusi Lorejo dan Pengajian Akbar, harapannya Tim Post Institute juga dapat berperan mensuskseskan acara. Baik itu menyumbangkan konsep dan ide kegiatan atau yang lainnya, karena para pemuda di lorejo juga butuh tambahan tambahan ide terkait acara.

Dalam pertemuan awal ini respon yang bagus dari karang taruna membuat langkah yang bagus  juga dari Tim Post Institute. Untuk kedepannya dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan kapasitas karang taruna. Dari perbincangan ini bahwa nantinya akan segera diagendakan pertemuan lagi yang akan membahas tentang bagiamana pembentukan panitia dan pembuatan konsep acara kegiatan. Kegiatan ke depan akan diadakan di balai dukuh kedunganti. Kegiatan akan dicoba bergiliran tempatnya, dr pertemuan di krajan, kemudian kedunganti dan selanjutnya ngebruk. Hal ini bertujuan untuk menarik simpati para pemuda untuk aktif hadir dalam acara karang taruna.(aris)