The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Kamis, 25 Februari 2016 10:24

Peran Aktif Warga Desa Pasiraman Melindungi Sumber Mata Air

Pasiraman. Kamis, 25/02 upaya dalam menata dan melestarikan lingkungan hidup tidaklah hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun peran serta masyarakat sangat jauh dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu. Seperti masyarakat Desa Pasiraman Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar dan The Post Institute mengadakan penghijauan atau konservasi di sekitar sumber mata air Mbeji. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi yang dilakukan BLH dan The Post Institute pada tanggal 3 Februari 2016.

Kegiatan penghijauan ini mulai pukul 07.30 pagi dan dimotori oleh Pak Sukiman dan Pak Yateman. Warga sangat antusias menyambut kegiataan ini apalagi dihadiri oleh Perangkat desa seperti Pak Suyadi selaku Kepala Dusun Krajan, Pemuda Desa dan juga lansia yang mengalami trauma berat masa lalu. Perwakilan Polsek Wonotirto dan juga Pak Lurah sebanrnya sudah datang pukul 07 karena ada persoalan lain didesa pasiraman mereka izin dulu, namun jika urusannya sudah selesai akan nimbrung jika belum selesai kegiatannya. Pak Didik (perwakilan polsek Wonotirto datang lagi pada pukul 10.00 WIB saat penanaman pohon sudah selesai lalu dilanjutkan ngobrol-ngobrol di rumah bapak Sukiman.

Kegiatan Penghijauan atau konservasi sumber mata air adalah solusi utama untuk mengatasi kekeringan yang terjadi pada musim kemarau di desa Pasiraman, khususnya untuk para lansia yang mengalami trauma masa lalu. Selain berfungsi sebagai area resapan air ,konservasi sumber mata air juga penting artinya dalam mendukung program Go Green dalam rangka mengatasi pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change) yang dialami bumi kita, sekarang ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat tidak perlu resah dengan bencana kekeringan yang sering melanda masyarakat desa Pasiraman. Selain itu juga mendorong sikap positif masyarakat desa Pasiraman untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Setelah penghijauan selesai, masyarakat desa Pasiraman berkumpul untuk musyawarah dengan tim The Post Institute . Musyawarah yang dibahas adalah terkait dengan bahwa nantinya akan direncanakan kegiatan yang akan mempertemukan Gapoktan di desa Pasiraman dengan dinas pertanian. Rencana kegiatan tersebut adalah untuk memberikan wawasan masyarkat desa Pasiraman terhadap wawasan bertani dan layanan yang bisa didapatkan masyarakat dalam hal pertanian.(Aris)