The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Kamis, 18 Februari 2016 08:16

Kepedulian Warga Prodo Pada Lingkungan dan Kesenian Tradisi

Ngrejo. Rabu, 17/02 warga Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Bakung bersama pemerintahan desanya serta The Post Institute bersama-sama melakukan konservasi di sumber mata air (mbelik) Ngembul. Konservasi yang dilakukan atas dukungan Program Peduli ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi tentang konservasi sumber mata air dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar pada tanggal 26 Januari 2016. Dalam sosialisasi yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga sumber mata air membuat warga menyadari dan perlu melakukan upaya konservasi segera di desanya.

Kegiatan konservasi ini dimulai pada pagi hari sekali sebelum warga melakukan aktivitas bekejanya yang memang sebagian besar warganya adalah petani. Pada penghijauan di sumber mata air (mbelik) Ngembul ini, dihadiri oleh perangkat desa, kelompok karang taruna dan para lansia yang pernah mengalami trauma masa lalu. Adapun jenis tanaman yang ditanam pada penghijauan ini adalah tanaman konservatif yang dapat menampung cadangan air seperti trembesi, beringin dan bendo. Selain itu, warga juga menanam beberapa bibit pohon produktif seperti alpukat dan mangga yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga disekitar sumber mata air.

Kegiatan penghijauan ini bertujuan untuk melindungi para warga Desa Ngrejo, khususnya para lansia yang mengalami trauma masa lalu dari ancaman kekurangan air pada musim kemarau. Dengan keadaan wilayah Ngrejo yang berada di perbukitan kapur menjadikan daerah ini seringkali dilanda kekeringan pada saat musim kemarau. Dengan adanya penghijauan ini, nantinya dapat melindungi warga dari kekeringan di musim kemarau. Penghijauan ini juga tidak hanya dilakukan di sumber mata air Dusun Prodo saja, namun juga dilakukan di sumber mata air dusun lainnya seperti sumber mata air di Dusun Krisik dan Dusun Krajan, Desa Ngrejo. Rencananya kegiatan penghijauan ini juga akan dilaksanakan di tiga desa lainnya yang menjadi sasaran Program Peduli.

Setelah dipagi hari melakukan penghijauan, TPI juga di ajak oleh warga Dusun Prodo untuk mengikuti latihan rutin kelompok keseniannya di malam hari. Kelompok kesenian yang bernama Paguyuban Mekar Budoyo dan diketuai oleh Bapak Sukoyo ini mewadahi para warga yang menyukai kesenian khususnya kesenian khas jawa yaitu karawitan. Pada latihan ini banyak dimainkan lagu-lagu yang sarat makna dan penuh nilai-nilai kehidupan. Latihan rutin kelompok kesenian ini sering dimanfaatkan oleh warga prodo untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas.(ajian)