The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Kamis, 18 Februari 2016 07:38

Pengobatan Gratis Bagi Lansia Dalam Bersih Desa

Ngrejo, Selasa 27/10 sebagai rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana bagian dari tradisi bangsa yang telah terbangun menjadi fondasi budaya nusantara, wajar kiranya jika diwarnai dalam banyak upaya dan melestarikan hal tersebut.  Pelastarian itu sejalan dengan kondisi masyarakat yang sangat majemuk yang sekaligus menjadi identitas suatu kelompok.

Bersih desa,  dalam hal ini adalah agenda rutinitas yang telah melekat erat dan tak mungkin dapat dipisahkan dari semangat budaya masyarakat. Sejalan dengan ini komplekstitas acara berperan masif dalam pelaksanaan acara yang telah dikemas. Lebih dari itu, desain yang diusung tak hanya bermuara pada satu aspek, lebih-lebih hal ini berjalan dengan semangat kebutuhan yang ada di masyarakat. Sehingga dalam massa yang serba plural ini, kegiatan bersih desa juga bisa menjadi bagian dari silaturrohim dan upaya atas respon terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Pendekatan Budaya menjadi salah satu pintu strategi pelaksanaan kegiatan Program Peduli agar tidak mendapatkan resistensi. The Post Institute (TPI) Blitar menggelar layanan kesehatan untuk komunitas korban 65 menjadi bagian dari acara Bersih Desa. Kegiatan Bersih Desa merupakan kegiatan tahunan bagi masyarakat Jawa di bulan Suro (Muharram) (bulan ke 1 perhitungan kalender Jawa) agar kondisi desa senantiasa penuh keberkahan dan keselamatan. Dengan menggelar beberapa kegiatan budaya antara lain nyadran di ndanyangan (mendoakan para leluhur di yang membuka desa) pentas wayang kulit dan acara keagamaan seperti pengajian, salawatan, bakti sosial periksa kesehatan dan pengobatan geratis bagi lansia.

Dalam kegiatan periksa kesehatan dan pengobatan geratis untuk korban 65, TPI bekerjasama dengan  Dinas Kesehatan Kab Blitar, Puskesmas Kecamatan Bakung, STIEKES PATRIA HUSADA Blitar. Bahkan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Muhammad Irwan dari Dinas Kesehatan Blitar. Ada tujuh petugas kesehatan yang hadir di Puskesdes Ngrejo yang ikut mensukseskan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi lansia.

Kegiatan periksa kesehatan dan pengobatan geratis ini melibatkan mayoritas korban 65 juga beberapa warga berusia lanjut sebanyak 78 orang dengan mengemas sebagai kegiatan layanan kesehatan untuk lansia. Kegiatan yang di mulai pukul 14.00 WIB juga di hadiri oleh Bapak Kepala desa Ngrejo (Imam Suyadi) beserta beberapa staff desa. Acara di tutup pukul 17.00 WIB oleh Ibu Siti Farida (Bidan desa Ngrejo dan Perwakilan dari Puskesmas Bakung).