The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Minggu, 17 Mei 2015 15:16

Pertemuan Komunitas ke 2 di Pasiraman Menjadi Wadah Aspirasi Para Anggota

Wonotirto, Jumat 15/5 2015. Untuk kedua kalinya The Post Institute Blitar yang diwakili oleh Mawan Mahyudin, Deni Syahputra, dan Hidayat berkunjung ke desa Pasiraman dalam  acara   sosialisasi program dan jaring aspirasi Program Peduli.  Sebagaimana pada  pertemuan sebelumnya, acara tersebut diselenggarakan di kediaman Bapak Sukiman yang sekaligus menjadi koordinator Desa Pasiraman. Hadir pula di acara itu  Bapak Munib Waloyo selaku MWC NU Kecamatan Garum yang ikut berpastisipasi atas program ini.
Dalam pertemuan yang mayoritas dihadiri oleh korban langsung Pelanggaran HAM Berat itu berjalan dengan damai dan hangat.  Selain menjadi pertemuan komunitas yang sekaligus senantiasa memberikan sosialisasi ataupun informasi lanjutan terkait program peduli,  pertemuan tersebut juga menjadi wadah aspirasi bagi segenap anggota komunitas. Salah satu yang sempat dibincangkan oleh anggota komunitas adalah besarnya harapan bagi mereka supaya program ini dapat segera terealisasikan. Harapan itu  sejalan dengan semangat para anggota yang datang dalam pertemuan komunitas tersebut. Selain itu, salah seorang anggota komunitas, yakni Bapak Yatman mengajukan sebuah harapan bahwa The Post Institute kiranya dapat memfasilitasi adanya pertanian dibidang sagu. Ide ini muncul karena  keadaan gegorafis di wilayah Pasiraman yang sering kelabakan ketika musim kemarau tiba. Besar harapan bapak Yateman agar ini menjadi suatu inovasi dalam penanggulangan atas ketahanan pangan.
Selanjutnya, dalam pertemuan yang kurang lebih dihadiri oleh 25 orang anggota komunitas itu segera direspond oleh The Post Institute. Mawan Mahyudin, selaku direktur The Post Institute merespon itu dengan antusias. Aspirasi –aspirasi yang lahir dalam pertemuan itu akan segera ditindak lanjuti, semisal dengan mencari informasi terkait tentang pertanian sagu. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan bekerjama sama dengan Dinas Pertanian, atau pihak lain demi terealisasinya ide itu. Bahkan dalam penyampaiannya, Mawan juga berharap terjadinya kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas para petani di Pasiraman dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan di bidang pertanian.
Di sesi terakhir dalam pertemuan tersebut, The Post Intitute berharap bahwa mereka yang hadir dalam pertemuan itu tetap sejalan dengan program yang tengah berlangsung. Karena sinergitas antara pihak satu dengan pihak lain merupakan salah satu kunci keberhasilan program peduli.  dayat