The Postinstitute

"Empowering People, Fighting For Justice & Democracy"

Kamis, 17 Oktober 2019
Rabu, 06 Februari 2013 03:42

Post Institute Putar The Act Of Killing

Blitar, post-institute.org – Pemutaran film dokumenter yang sempat tertunda karena tidak mendapat restu dari pihak kepolisian, akhirnya dapat diputar pada hari Senin malam 04 Februari 2013. Dari rencana awal memang pemutaran film dokumenter “The Act of Killing” akan diputar bersama pada hari Jumat 01 Februari 2013. Tetapi dari sekian kendala tersebut acara tetap dilaksanakan walaupun undangan hanya bersifat tertutup (mengenai berita pro dan kontra pemutaran film dapat dilihat di http://regional.kompas.com/read/2013/02/04/20274425/Polisi.Datangi.Panitia.Pemutaran.Film.The.Act.of.Killing).
 
Pemutaran dan diskusi menghadirkan dari berbagai elemen seperti NGO/LSM, organisasi mahasiswa, kampus, media dan masyarakat. Film yang mengisahkan seorang algojo peristiwa 1965 memang memakan durasi waktu 180 an menit, meskipun demikian hal tersebut tidak mengurangi antusiasme penonton sampai berakhir sesi diskusi.

Pada sesi diskusi Doddy Wisnu Pribadi (wartawan senior Kompas) sebagai pembicara dan saudara Deni Syahputra sebagai moderator. Pembahasan mencermati sisi sinematografi, tetapi tidak kalah pentingnya adalah bagaimana para audien melihat isi dari film tersebut. Bagaimana sebuah perjalanan sejarah bangsa ini ada yang ditutup-tutupi, lembar hitam tersebut digambarkan dalam film “The Act of Killing”. Sebuah sejarah yang sepatutnya untuk diluruskan dan harusnya diketahui oleh bangsa ini (rif).